Jumat, 30 Mei 2014

AI: Tugas 3 Proposal Skripsi: Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas pada IRAMA SEJUK SANTOSA


Nama               : Hanifah Nur Rahmi
NPM               : 23210121
Kelas               : 4EB18

Proposal yang direkomendasi    : Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas pada IRAMA SEJUK SANTOSA
(Proposal Diterima)

Pengertian Sistem
Mulyadi (2008 : 2) menjelaskan bahwa sistem pada dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat berhubungan satu dengan lainnya yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Pengertian Informasi
Witarto (2004 : 9) menjelaskan bahwa informasi adalah rangkaian data yang mempunyai sifat sementara, tergantung dengan waktu, mampu membri kejutan atau surpirise pada yang menerimanya.

Pengertian Akuntansi
Soemarso S. R (2004 : 3) menjelaskan bahwa akuntansi adalah Proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi
Krismiaji (2005 : 4) menjelaskan bahwa sistem informasi akuntansi adalah sebuah sistem yang memproses data atau transaksi guna menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk merencanakan, mengendalikan dan mengoperasikan bisnis.

Pengertian Penerimaan Kas
Soemarso S. R. (2004 : 172) menjelaskan bahwa penerimaan kas adalah suatu transaksi yang menimbulkan bertumbuhnya saldo kas dan bank milik perusahaan yang diakibatkan adanya penjualan hasil produksi, penerimaan piutang maupun hasil transaksi lainnya yang menyebabkan bertambahnya kas.

Karakteristik Sistem Informasi Akuntansi
Sistem informasi akuntansi akan memberikan manfaat bagi para pemakainya, apabila memiliki karakteristik tertentu. Karakteristik tersebut merupakan suatu ciri informasi akuntansi yang memadai, sebagaimana diungkapkan oleh Krismiaji (2005) menyatakan bahwa sistem informasi akuntansi harus mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1.      Relevan
2.      Dapat dipercaya
3.      Lengkap
4.      Tepat Waktu
5.      Mudah dipahami
6.      Dapat diuji kebenarannya

Perancangan Sistem
Definisi Perancangan menurut Al-Bahra Bin Ladjamudin (2005 : 51) perancangan adalah kemampuan untuk membuat berupa alternatif pemecahan masalah. Sedangkan menurut Azhar Susanto (2004 : 332) perancangan adalah spesifikasi umum dan terperinci dari pemecahan masalah berbasis komputer yang telah dipilih selama tahap analisis.

Bagan Alir Dokumen Flowchart
Defini bagan alir dokumen menurut James A. Hall (2007 : 75) menyebutkan bahwa sebuah flowchart dokumen digunakan untuk menggambarkan elemen-elemen dari sebuah sistem manual, termasuk record-record akuntansi (dokumen, buku besar dan field), departemen organisasional yang terlibat dalam proses, dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam departemen tersebut.

Data Flow Diagram (DFD)
Menurut Mulyadi (2008 : 57) bagan alir data (Data Flow Diagram) adalah suatu model yang menggambarkan aliran data dan proses untuk mengolah data dalam suatu sistem.

Entity Relationship Diagram (ERD)
Menurut Al-Bahra (2005 : 142) diagram relasi entitas merupakan suatu model jaringan yang menggunakan susunan data yang disimpan dalam sistem secara abstrak ERD adalah gambaran mengenai berelasinya antar entitas.

Normalisasi
Definisi menurt Al-Bahra Bin Ladjamudin (2005 : 169) bahwa normalisasi adalah suatu proses memperbaiki/membangun dengan model data relasional, dan secara umum lebih tepat dikoneksikan dengan model dan logika.




Daftar Pustaka

Bin Ladjmudin, Al-Bahra. 2005. Konsep Basis Data dan Implementasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
James, A. Hall. 2007. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 3, terjemahan Amir Abadi Yusuf. Jakarta: Salemba Empat.
Krismiaji. 2005. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta:Penerbit Unit dan Percetakan AMP Y KPN.
Mulyadi. 2008. Sistem Akuntansi, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
SR, Soemarso. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rimeka Cipta.
Witarto. 2004. Memahami Sistem Informasi. Bandung: Informatika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar